Mengenal Jenis Lure Atau Umpan Tiruan

Jayaessencesolution.com ~ Hay sobat pecinta mancing, kembali lagi di website resmi kami yang selalu memberikan informasi seputar dunia mancing. Mulai dari resep racikan umpan mancing, tips dan trik memancing serta rekomendasi essen dan umpan yang tepat untuk racikan umpan jitu dan berkualitas. Nah pada kesempatan kali ini kami akan berbagi pengetahuan memancing yaitu Mengenal Jenis Lure Atau Umpan Tiruan yang perlu sobat ketahui. Simak terus informasinya di bawah ini.

Lure sendiri merupakan umpan buatan yang terbuat dari plastik, kayu hingga logam. Pada zaman sekarang ini telah tersedia berbagai jenis dan variasi lure yang bisa kita jumpai sesuai dengan kebutuhan memancing kita. Berbagai macam umpan buatan atau tiruan untuk memancing ikan baik di perairan darat atau air tawar dan juga di laut. Umpan buatan atau artificial lure bisa dibagi-bagi berdasarkan karakteristik nya, seperti berdasar tehnik mancing dan fungsi terkait dengan cara teknik memancingnya, berdasarkan bahan dasar atau bahan baku dan aksesoris dalam pembuatannya, dan lain sebagainya. Berikut kita bahas satu per satu Mengenal Jenis Lure Atau Umpan Tiruan. Baca Juga : Umpan Pelet Super Jitu

Mengenal Jenis Lure Atau Umpan Tiruan

Floating plug
Umumnya bibir umpan terbuat dari plastik atau seng yang sifatnya ringan agar umpan bisa mengapung di atas permukaan air.panjang umpan beragam mulai dari 3-34 cm.dan berat 2-100 gr. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah.

√ Sinking plug
Umumnya umpan ini bersifat lebih berat agar dapat tenggelam di dalam air.Sinking plug terbagi menjadi dua jenis yaitu:

  • Slow sinker : Umpan ini hanya dapat mencapai pertengahan air atau biasa disebut melayang. Tidak sampai dasar juga dan tidak mengapung
  • Fast sinker : Umpan ini tenggelam sampai kedasar air. Panjang umpan beragam mulai 7-34 cm dengan berat 7-130 gr.

√ Rapping plug
Umumnya umpan ini hanya mencapai pertengahan air dengan action atau gerakan zig-zag seperti hanya ikan hidup. panjang beragam mulai 4-10 cm dengan berat 5-27 gr.

√ Popping/Popper
Umumnya umpan ini berada di permukaan air dan actionnya membuat percikan air.panjang umpan 4-34 cm dengan berat 5-100 gr.

√ Konahead
Umumnya umpan ini terbuat dari karet dan berbentuk seperti cumi-cumi dan biasanya digunakan untuk teknik trolling

√ Squid
Umumnya umpan ini terbuat dari bahan kayu dan plastik.dengan mata kail berbentuk seperti payung.biasanya di pakai memancing cumi-cumi.panjang umpan 7-11 cm dengan berat 10-18gr.

√ Spoon
Umpan ini terbuat dari bahan metal,dengan berat 14-35 gr.biasanya umpan ini di pakai untuk teknik jigging.

√ Spiner Bait
Umpan ini sudah dilengkapi dengan spoon/blade dan bulu-bulu.spoon tersebut akan berputar mengelilingi lure di dalam air,sehingga menimbulkan gerakan dan suara yang akan membuat ikan tertarik lalu mendekati umpan.

√ Flies
Umpan ini dilengkapi dengan bulu-bulu dan di desain seperti serangga.umpan ini akan mengapung di atas permukaan air seperti hal nya serangga asli.

√ Frogy
Umpan ini terbuat dari karet dan juga kayu. bentuknya seperti kodok dengan ukuran yang beragam. Biasanya umpan ini efektif digunakan untuk memancing ikan air tawar misalnya ikan gabus.

Penggunaan Lure/Minnow

  • Bentuk badan dan lidah akan mempengaruhi gerak minnow saat di tarik. Itulah sebabnya minnow dapat bergerak di dalam air kekanan dan kiri keatas dan ke bawah saat di tarik, meskipun demikian gerakan minnow juga dipengaruhi oleh cara sobat menarik, kecepatan perahu, arah arus dan alunan gelombang atau ombak.
  • Selain bentuk, warna minnow juga beragam ada warna mencolok,lembut,juga warna gelap.untuk memastikan warna umpan dan selera ikan memang sulit tapi tingkat kejernihan air, cuaca serta keadaan laut memang mempengaruhi respon ikan terhadap warna tertentu.
  • Umumnya pemancing menggunakan umpan dengan warna cerah disaat air laut kurang jernih atau mendung dan umpan dengan warna gelap saat cuaca cerah.
  • Minnow ukuran 3-7 cm biasanya digunakan untuk teknik casting atau bisa juga digunakan pada saat trolling di tempat yang dangkal dekat dengan pesisir pantai,muara sungai,atau danau dan bendungan
  • Untuk ukuran minnow 10-26 cm idealnya digunakan untuk trolling di laut dalam dekat dengan palung laut atau gunung laut, dengan kedalaman sekitar 100-200 m. Di sekitar tanjung sebuah pulau pada kedalaman 10-20 m yang dasarnya berkarang.
  • Dan untuk memberikan aroma wangi atau harum di umpan lure, sobat bisa menambahkan Jaya Essen dengan cukup mengolesnya ke permukaan umpan lure sobat. Dijamin umpan akan langsung disambar oleh ikan.

Alasan penggunaan umpan lure tersebut, karena umpan ini sangat digemari oleh ikan di daerah tersebut, selain itu ikan akan menyambar umpan tiruan bukan karena lapar, namun bermaksud menyerang benda asing yang melintas didekatnya. Selain itu penggunaan lure juga harus disesuaikan dengan teknik memancing.

Baca Juga :

Itulah informasi yang bisa saya sampaikan tentang Mengenal Jenis Lure Atau Umpan Tiruan yang bisa sobat gunakan untuk memancing. Umpan lure ini akan lebih ampuh jika umpan lure di oleskan essen oplosan dari Jaya Essen yang berguna untuk menambah aroma pada umpan lure menjadi lebih wangi kuat dan dapat menarik perhatian ikan untuk menyambar umpan lure tersebut.

Apa itu Jaya Essen ? Untuk lebih Jelasnya Silahkan Baca DISINI >> JAYA ESSEN SOLUTION

Jaya Essen Tasikmalaya

Phone : 0822 6381 6767 (Tlp & SMS)

Pin BB : 576BA699

jayaessencesolution@gmail.com

Terimakasih Atas Minat dan Kunjungannya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang membacanya. Salam Strike.. MANTAP !!

Facebook Comments

Pencarian Artikel :

    jenis umpan pancing trolling terbaik